Jumat, 05 Januari 2024

Rich Dad Poor Dad - Review

 

PENDAHULUAN – Ayah Kaya Ayah Miskin

Punya dua ayah yaitu ayah kaya dan ayah miskin, yang memiliki sudut pandang berbeda tentang uang.

Uang adl satu bentuk kekuatan, namun yg lebih kuat adl pendidikan keuangan.

 

BAB 1 – Orang Kaya Tidak Bekerja untuk Uang

Orang miskin dan kelas menengah bekerja untuk uang, orang kaya membuat uang bekerja untuk mereka.

Hidup manusia dikendalikan ole dua emosi, yi ketakutan dan ketamakan.

Rasa takut akan hidup tanpa uang memotivas kita untuk bekerja keras, setelah mendapatkan gaji ketamakan membuat kita berpikir semua hal indah bisa dibeli dg uang. Pola bangun – bekerja – membayar tagihan akan terbentuk, tawari uang lebih banyak mereka akan meneruskan siklus itu dan meningkatkan pengeluaran mereka itulah yg disebut “balap tikus” (rat race).

Melihat kesempatan/peluang, Robert dan mike menampung buku komik yg sudah lama di sebuah ruang bawah tanah yg kemudian dibuka u umum dan memperkerjakan adiknya mike.

 

BAB 2 – Mengapa Mengajarkan Melek Keuangan?

Bukan seberapa banyak uang yang anda hasilkan, tapi seberapa banyak uang yang anda simpan.

Orang kaya membangun asset, orang miskin dan kelas menengah membangun liabilitas yg mereka kira itu asset. Asset menghasilkan uang, liabilitas mengeluarka uang. Bagi ayah kaya rumah adalah liabilitas tapi bagi ayah miskin rumah adalah asset terbesar.

Mengapa orang kaya makin kaya? Kolom asset memberikan penghasilan yg lebih dari cukup u menutup pengeluaran , sisanya diinvestasikan ulang dikolom asset, kolom asset terus tumbuh n penghasilan jg bertumbuh yg membuat orang kaya makin kaya.

 

BAB 3 – Uruslah Bisnis Anda Sendiri

Orang kaya berfokus pada kolom asset, sementara orang lain berfokus pada laporan penghasilan.

Mulailah mengurus bisnis anda sendiri, pertahankan pekerjaan anda tapi mulai membeli asset riil. Jaga pengeluaran tetap rendah, kurangi liabilitas, dan rajinlah membangun dasar asset yg solid. Orang kaya membangun kolom asset terlebih dahulu, penghasilan dari kolom asset dipakai untuk membeli barang mewah. Orang menengah membeli barang mewah dengan keringat dan darah mereka.

 

 

BAB 4 – Sejarah Pajak dan Kekuatan Korporasi

 

BAB 5 – Orang Kaya Menciptakan Uang

0 Comments:

Posting Komentar