Jumat, 27 Oktober 2023

Perjalanan Setelah Lulus SMK Menuju Karir yang Beragam

Tahun 2014 adalah tahun penting dalam hidup saya. Saya telah lulus dari SMK dan siap untuk memulai perjalanan karir saya. Sebelum pengumuman kelulusan, saya ingin mencari pengalaman kerja dan merasakan dunia kerja. Setelah menyelesaikan ujian akhir SMK, saya memutuskan untuk mencoba peruntungan di dunia kerja sebelum melanjutkan pendidikan atau mengejar pekerjaan yang lebih permanen. Saya pertama-tama bekerja sebagai penjaga toko di sebuah toko bernama Susana yang berlokasi dekat kecamatan setempat. Pekerjaan ini mengajarkan saya tentang tanggung jawab, keterampilan berkomunikasi dengan pelanggan, dan tata cara berbisnis. Saya bekerja di sana selama dua bulan, dan meskipun itu adalah pekerjaan sederhana, itu adalah pengalaman yang berharga yang mempersiapkan saya untuk tantangan yang lebih besar.

Setelah bekerja di toko Susana, saya memutuskan untuk mencari pekerjaan di kota yang lebih besar, Purwokerto. Saya mendapatkan pekerjaan di Depo Pelita Sokaraja sebagai Sales Promotion Boy (SPB) sepatu dan sandal. Ini adalah pekerjaan yang memungkinkan saya berinteraksi lebih banyak dengan pelanggan dan belajar tentang produk sepatu dan sandal. Saya bekerja keras dan berusaha memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan. Pekerjaan ini juga memperluas wawasan saya tentang dunia perdagangan dan ritel.

Setelah tiga bulan bekerja di Depo Pelita saya memutuskan untuk resign karena melihat ada lowongan pekerjaan ke Jepang, saya sangat bersemangat untuk bisa bekerja di jepang. Setelah mendaftar kemudian saya berangkat ke LPK di Kabupaten Purbalingga, sampai disana ternyata ada persyaratan Umur minimal 21 tahun dimana umur saya waktu itu baru 17 tahun. Dari pihak yayasan menginfokan bahwa untuk persyaratan umur bisa di lewati menggunakan uang administrasi, karena saya tidak mau memberatkan orang tua saya pun memutuskan untuk membatalkan niat magang ke jepang.

Selanjutnya saya mencari pengalaman baru di Rita Pasaraya, sebuah pasar swalayan di Kebondalem, Purwokerto. Kali ini, saya bekerja sebagai SPB Fresh Food / Buah dan Sayur, yang mengharuskan saya untuk bekerja di bagian buah-buahan dan berinteraksi dengan pembeli untuk membantu mereka dalam memilih dan membeli buah-buahan yang mereka inginkan. Saya belajar tentang cara mengatur stok, mengenali kualitas buah, dan memberikan layanan yang baik kepada pelanggan. Selama tiga bulan saya bekerja di Rita Pasaraya, saya merasa bahwa pekerjaan ini membuka mata saya tentang sektor lain dalam industri ritel. Saya juga terus mengembangkan keterampilan berkomunikasi saya dan belajar untuk beradaptasi dengan lingkungan kerja yang berbeda.

Kisah ini adalah bagian dari perjalanan saya setelah lulus dari SMK pada tahun 2014. Meskipun pekerjaan yang saya lakukan mungkin tampak sederhana, pengalaman ini memberi saya fondasi penting dalam berkarir di dunia kerja. Saya belajar tentang tanggung jawab, kerja tim, dan keterampilan berkomunikasi yang sangat berharga dalam karir saya yang akan datang.

0 Comments:

Posting Komentar